Kamis, 14 Agustus 2014

Pelatihan Aplikasi Tekonologi Informasi (PATI) UMM 2014

Ilustrasi PATI (dokumen pribadi)

Perkembangan teknologi menuntut kita agat tidak ketinggalan dengan teknologi yang ada. Mahasiswa sebagai ujung tombak dari perkembangan teknologi harus mampu untuk menggali informasi dari berbagai sumber, salah satunya adalah internet.

Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi atau biasa disingkat PATI dan lebih dikenal dengan istilah Pelatihan APLINET (Pelatihan Aplikasi Internet) adalah suatu kegiatan pelatihan yang diwajibkan bagi mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai segala yang berhubungan dengan teknologi informasi, khususnya teknologi informasi yang ada di UMM. Dalam kegiatan ini akan disampaikan diantaranya adalah materi tentang internet, browsing, layanan teknologi informasi di UMM (seperti e-mail, blog dan e-learning), layanan teknologi informasi secara umum (seperti search engine, online document dan hosting) serta microsoft office khususnya microsoft word, excel dan powerpoint.

Pelatihan berlangsung selama 6 hari berturut turut, menggunakan 8 ruang Laboraturium yang difasilitasi 25 unit PC, proyektor, jaringan LAN, AC dan tempat yang nyaman. Adapun Laboraturium yang digunakan antara lain, Lab Komputer Infokom A, B, dan C (Gedung ICT Center Lt.3), Lab Komputer Ekonomi A, B, dan C (GKB II Lt.1) , dan Lab Kompurter Informatika A dan B (GKB III, Lantai 6).


Kesan-kesan saya selama mengikuti PATI UMM 2014:

- Sempet bingung nyari tempat Pelatihannya karena banyak gedung di UMM. Hari pertama pun saya telat dan ternyata salah masuk Lab.
- Pas hari ke-2 pelatihan, saya naik ke lantai-6 GKB III lewat anak tangga. Karena gak tau kalau Lift-nya ada di GKB II. Lumayan lah, sekalian olah raga hehe.
- Instrukturnya baik-baik, jelas dalam menerangkan terutama instruktur di Lab Informatika B shift 5 kakak Orsyela Widya dan Andi Akbar yang cantik dan ganteng.
- Tugas Evaluasi setiap pertemuan sebenarnya ada beberapa soal yang masih ambigu, maksudnya di buku paduan seperti kepanjangan CC adalah Copy Carbon. Padahal di berbagai sumber mengatakan CC itu Carbon Copy
- Sempet agak naik pitam dikit pas ngerjain soal evaluasi dan ternyata websitenya lagi down karena banyak yang akses. Jadinya musti begadang dan bangun shubuh buat nyalain komputer dan ngerjai soal evaluasi sambil ngantuk dan menguap berulang kali.

Tapi semuanya menurut saya enjoy-enjoy aja, yang penting nilai akhir dan ilmu yang saya dapatkan selama Pelatihan bagus dan bermanfaat.

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar